Mengenal Kapal Induk Pendukung (Ringan) Angkatan Laut Jepang Era Perang Dunia 2





1 : IJNS Shoho

IJNS Shoho

Kapal induk Shoho buatan Jepang ini mempunyai Bobot mati 14.000 ton. Panjang 185 meter dengan ditenagai oleh Mesin Turbin bertenaga 52.000 daya kuda. Kecepatan 28 knot. Jarak jelajah mencapai 7.800 mil pada 18 knot. Membawa 30 pesawat. Dipersenjatai dengan 16 senapan 5 inchi dan 8 inchi. Membawa 785 awak kapal. Shoho mulai bertugas 26 Januari 1942.

Akhir riwayah dari IJNS Shoho adalah akibat gempuran bertubi-tubi dari Sekutu selama dua hari, Shoho adalah kapal dari Angkatan Laut Jepang pertama yg berhasil ditenggelamkan oleh Sekutu pada saat pertempuran Laut Karang, 1942.



2 : IJNS Taiho

IJNS Taiho

Taihō (phoenix besar) adalah sebuah kapal induk dari Angkatan Laut Kekaisaran Jepang selama Perang Dunia II. Memiliki baju besi belt berat dan menampilkan sebuah dek penerbangan lapis baja (yang pertama bagi setiap operator Jepang), ia mewakili keberangkatan utama dalam desain induk Jepang dan diharapkan untuk tidak hanya bertahan beberapa bom, torpedo atau shell hit tetapi juga terus berjuang secara efektif.

Dibangun oleh Kawasaki di Kobe, ia itu ditetapkan pada tanggal 10 Juli 1941, diluncurkan hampir dua tahun kemudian pada tanggal 7 April 1943 dan akhirnya ditugaskan pada tanggal 7 Maret 1944. Dia tenggelam pada 19 Juni 1944 selama Pertempuran Laut Filipina setelah menderita torpedo tunggal hit dari kapal selam Amerika USS Albacore, karena ledakan yang dihasilkan dari kelemahan dalam desain dan pengendalian kerusakan buruk


IJNS Chitose

IJNS Chitose


IJNS Chiyoda



Chiyoda (千代 田?) Adalah pembawa pesawat ringan dari Angkatan Laut Kekaisaran Jepang selama Perang Dunia II. Awalnya dibangun sebagai kapal kedua dari tender Chitose kelas pesawat amfibi pada tahun 1934, dia terus beroperasi dalam kapasitas yang selama Perang Sino-Jepang Kedua dan tahap awal Perang Pasifik sampai konversi ke dalam pembawa pesawat ringan setelah Pertempuran Di pertengahan. Dia tenggelam selama Pertempuran Teluk Leyte dengan kombinasi pembom angkatan laut, kapal penjelajah tembakan meriam dan torpedo kapal-diluncurkan.






IJNS Zuihō

IJNS Zuihō



IJNS Hōshō

IJNS Hōshō di Teluk Tokyo



IJNS Ibuki




IJNS Mizuho





Ryūhō





Ryūjō




Shin'yō